cover
Contact Name
Putri Hana Pebriana
Contact Email
putripebriana99@gmail.com
Phone
+6285321149444
Journal Mail Official
konselingjpdk@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : ISSN2685     EISSN : 2685936X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK" : 28 Documents clear
PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORAL TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MAS SALIMPAUNG Jurmanisak Jurmanisak; Wahidah Fitriani
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.495 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.530

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya penyesuaian diri siswa di MAS Salimpaung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan behavioral dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di MAS Salimpaung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan pre experimental dengan tipe one group pretest-posttest design yaitu dengan mengukur penyesuaian diri kelompok eksperimen dengan menggunakan instrumen yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah skala. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Salimpaung. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X Agama sebanyak 10 orang. Kelompok eksperimen ditentukan melalui teknik random sampling.
PENGARUH BUDAYA LITERASI SEKOLAH MELALUI PEMANFAATAN SUDUT BACA TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR Fransiska Ayuka Putri Pradana
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.117 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.599

Abstract

Dalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 4 ayat 5 menyebutkan bahwa Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Oleh karena itu dalam menerapkan budaya literasi, sekolah memanfaatkan sudut baca yang ada di kelas dengan tujuan untuk memanfaatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan informasi dari beberapa artikel ilmiah. Langkah yang digunakan yaitu dengan mencari informasi mengenai penelitian, menentukan topik permasalahan dan rumusan masalah, mencari sumber data berupa artikel ilmiah yang relevan, membaca dan mencatat informasi yang didapat, dan menyusun penelitian artikel untuk menjawab rumusan masalah. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca peserta didik yang dilakukan dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu mengetahui dampak pemanfaatan sudut baca yang dapat meningkatkan minat membaca dan kreativitas peserta didik dan hambatan dalam pemanfaatan sudut baca yaitu kurangnya koleksi buku dan kurangnya semangat untuk membaca.
KETERAMPILAN SAINTIFIK ANAK KELOMPOK A PADA PERMAINAN SAINS DI SENTRA BAHAN ALAM RA BAITURRAHMAN Eka Sutisnawati; Edi Hendri Mulyana; Sumardi Sumardi
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.355 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Keterampilan Saintifik Anak Kelompok A pada Permainan Sains di Sentra Bahan Alam RA Baiturrahman dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 anak. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa 1) Kinerja guru mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains dengan hasil pencapian terendah 10%. Artinya guru cukup baik mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains, dan hasil pencapaian tertinggi yaitu 90%. Artinya guru sangat baik mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains. Maka rata-rata dari kinerja guru mengelola sentra bahan alam dalam permainan sains yaitu sangat baik. 2) Kinerja guru mengelola permainan sains yang terdiri dari permainan sains gunung meletus, water filter (penyaringan air kotor menjadi air bersih), dan listrik statis terdapat pencapaian dengan hasil tertinggi 100% atau dapat diartikan pencapaian sangat baik. Rata-rata dari kinerja guru mengelola permainan sains yaitu sangat baik. 3) Keterampilan saintifik kelompok A pada permainan sains gunung meletus, water filter (penyaringan air kotor menjadai air bersih), dan listrik statis. Dari ketiga permainan sains tersebut diperoleh hasil pencapaian terendah yaitu 20% anak memiliki keterampilan saintifik Berkembang Sangat Baik (BSB), dan pencapian tertinggi 80% anak memiliki keterampilan saintifik Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Maka rata-rata keterampilan saintifik anak kelompok A pada permainan sains yaitu cukup baik atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG SD Lionida Adhi Pramestika
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.205 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar yang dibelajarkan dengan media power point. Jenis penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar dan bangun ruang SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah efektivitas, pengaruh, media power point, hasil belajar matematika, materi bangun datar, bangun ruang, SD. Dari hasil pencarian tersebut dipilih 8 hasil penelitian untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis menggunakan metode pembandingan untuk menentukan dampak penerapan media pembelajaran berbasis riset, selisih skor sebelum tindakan dengan sesudah tindakan sebagai besarnya peningkatan, kemudian dibagi dengan skor sebelum tindakan (dalam bentuk %) untuk menentukan besarnya pengaruh tindakan pembelajaran terhadap hasil belajar. Peningkatan hasil belajar dari yang terendah 15% sampai yang tertinggi 83%, dengan rata-rata 39%. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum penelitian tindakan kelas adalah 51,15 dan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan penerapan media power point pada pelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang di SD terjadi peningkatan menjadi 81,15%.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA PADA BAHASA INDONESIA TINGKAT SD Rika Kurnia Sari
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.017 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.582

Abstract

Tujuan pembuatan jurnal ini untuk menganalisis kembali penggunaan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada Bahasa Indonesia di sd. Penelitian jurnal ini menggunakan meta analisis yang merupakan seri informasi yang berasal dari sejumlah data di penelitian-penilitan sebelumnya. Langkah penelitian yang dilakukan yaitu dengan merumuskan masalah penelitian , kemudian mencari hasil penelitian dari jurnal yang relavan dan sejenis untuk dianalisis datanya. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal via online melalui Google Scholar, Freefullpdf.com dan Google Cendikia dengan kata kunci” model role playing”, kemampuan berbicara”, “pembelajaran bahasa indonesia SD”. Dari pencarian data tersebut mendapatkan 10 artikel yang relavan dan sesuai dengan judul jurnal yang diambil. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakn analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran role playing mampu membantu mengkatkan kempuan siswa dalam berbicara mulai dari 15% sampai yang tertinggi 105%, dengan rata-rata 37%.
KOORDINASI BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU BIDANG STUDI MENGHADAPI SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA Dian Puspita; Rizki Amalia
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.117 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.528

Abstract

Banyak siswa yang menganggap matematika merupakan bidang studi yang paling sulit. Tetapi, semua orang harus mempelajarinya sebab matematika merupakan sarana untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Kesulitan belajar matematika pada siswa harus segera di tangani, karena hampir semua bidang studi memerlukan matematika yang bersesuaian. Koordinasi antara bimbingan konseling dengan guru bidang studi sangat penting untuk mengetahui kesulitan apa yang dialami peserta didik selama proses pembelajaran matematika dan apa penyebab nya serta bagaimana cara menanggulangi kesulitan tersebut.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C DI SEKOLAH DASAR Nia Fuji Lestari
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.587 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.601

Abstract

Artikel ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan 4C (Chritical Thinking, Collaborative, Communicative, Creative) siswa di Sekolah Dasar, melalui meta-analisis data hasil studi pustaka penelitian yang sudah ada. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam studi pusataka ini meliputi perumusan ide/topik penelitian, melakukan studi pustaka untuk mengumpulkan data yang relevan (melalui pencarian di berbagai sumber online), dan melakukan analisis data yang telah diperoleh. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa berkisar antara 11,8% sampai 42,95%. Selain itu penggunaan model pembelajaran SAVI juga dapat meningkatkan keterampilan 4C (Chritical Thinking, Collaborative, Communicative, Creative) pada siswa Sekolah Dasar, dalam setiap penelitian perkembangan unsur 4C yang menonjol dapat berbeda-beda tergantung perlakukan yang diberikan oleh peneliti dan bagaimana peneliti mengemas proses pembelajaran yang dilakukan.
ANALISIS KETERAMPILAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI SENTRA BERMAIN PERAN RA BAITURRAHMAN Gina Nurdiani; Sumardi Sumardi; Yasbiati Yasbiati; Gilar Gandana
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.527 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.534

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan mengenai keterampilan interpersonal anak. Keterampilan interpersonal merupakan suatu kemampuan seseorang dalam berhubungan antar perseorangan dimana anak mampu menggali/menerima informasi, mampu merespon informasi dan mampu membangun hubungan yang harmonis. Namun dilapangan masih ada beberapa anak yang belum optimal dalam menggali/menerima informasi, merespon dan membangun hubungan sosial. Oleh karena itu peneliti mengambil fokus kajian pada keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman dengan tujuan untuk mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Sentra Bermain Peran RA Baiturrahman menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 anak. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini dinyatakan bahwa 1) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada kategori Berkembang Sangat Baik dengan persentase 80% dari keseluruhan anak; 2) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan menggali/menerima informasi berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH); 3) keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman pada aspek kemampuan merespon informasi berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB); 4 keterampilan interpersonal anak usia 4-5 tahun di sentra bermain peran RA Baiturrahman berada pada aspek kemampuan membangun hubungan yang harmonis berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Temuan tersebut dibuktikan dari hasil analisis data yang telah diolah dari data-data yang didapat selama lima pertemuan penelitian.
UPAYA GURU MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN RAMAH ANAK Wahyu Titis Kholifah
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.441 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.614

Abstract

Karakter peserta didik yang terlihat belum diterapkan dengan baik di lingkungan sekolah, karakteristik peserta didik sangat penting untuk membentuk pribadi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya peran guru dalam mengembangkan karakter peserta didik di sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif yaitu untuk mendiskripsikan, menguraikan, dan menggambarkan upaya guru dalam mengembangkan karakteristik peserta didik dengan teknik pengumpulan data, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah baik dalam memahami karakter yang harus diterapkan kepada peserta didik, peran guru sangatlah penting dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, budaya sekolah, ekstrakurikuler dan visi misi sekolah.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR Anung Siwi Prabandari
Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 2 No. 1 (2020): JPDK
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.724 KB) | DOI: 10.31004/jpdk.v2i1.586

Abstract

Tantangan pembentukan karakter yakni berkembangnya teknologi dan informasi. Berkembangnya teknologi dan informasi dengan mudah budaya luar yang negatif terserap tanpa ada filter yang kuat. Budaya luar yakni gaya hidup modern yang mempengaruhi sikap dan perilaku yang tidak disadari menyimpang dari nilai dan luhur Bangsa Indonesia. Berkembangnya fenomena siswa yang tidak mengindahkan nilai-nilai etika. Kegagalan sekolah dalam menumbuhkan manusia yang berkarakter karena hanya mementingkan kognitif atau akademik peserta didik. Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar belum terlaksana dengan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Teknik pengumpulan data menyimak dan mencatat. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data.

Page 1 of 3 | Total Record : 28